Perayaan Sedekah Bumi Dusun Ngrunut Desa Banjarejo 2024

  • Jun 12, 2024
  • Yudi jatmiko
Lokasi Kegiatan: Lapangan Dusun Ngrunut
Tanggal Kegiatan: Jun 14, 2024 s/d Jun 14, 2024

  Indonesia merupakan negara yang penuh dengan keanekaragaman , salah satunya dalam hal budaya Dan tradisi yang sudah turun temurun dari nenek  moyang kita. Setiap daerah di Indonesia mempunyai keunikan tradisi masing-masing, yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut.
      Setiap tradisi Dan kebudayaan mempunyai arti yang sangat penting bagi masyarakatnya, tidak hanya menarik akan tetapi juga memberikan pelajaran yang bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya yaitu nilai pendidikan. Tradisi lahir bersama dengan kemunculan manusia dimuka bumi. Tradisi berevolusi menjadi budaya. Itulah sebab sehingga keduanya merupakan personifikasi dari kehidupan manusia. Budaya adalah cara hidup yang dipatuhi oleh anggota masyarakat atas dasar kesepakatan bersama. (Abdul Syani ; 1995: 53)

     Pelestarian nilai-nilai tradisi ditengah masyarakat modern saat ini adalah salah satu bentuk memupuk kesadaran dan pemahaman kehidupan dalam berbudaya agar lebih bermakna dan sebagai bentuk penghargaan terhadap para leluhur yang telah mewariskan budaya yang sangat bermanfaat bagi kita.
      Tradisi sedekah bumi telah tumbuh dan berkembang di masyarakat jawa melalui sosialisasi yang berlangsung sejak lama. Tradisi sedekah bumi ini merupakan tradisi yang telah terinternalisasi oleh masyarakat sehingga dari tahun ke tahun mereka masih melaksanakan tradisi tersebut. Masyarakat masih kental dengan nilai-nilai budaya yang ada, sehingga tradisi sedekah bumi ini sulit untuk ditinggalkan dari generasi ke generasi berikutnya.
     Sedekah bumi merupakan suatu bentuk tradisi yang sudah turun temurun dilaksanakan khususnya pads masyarakat Jawa. Upacara sedekah bumi dilaksanakan dengan prosesi seserahan hasil bumi Dari masyarakat kepada alam. Sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunianya. Acara peringatan Sedekah Bumi dilaksanakan setiap tahun Dengan melibatkan semua elemen masyarakat mulai dari perangkat desa, ketua Rt/ RW Dan seluruh masyarakat, ikut merayakan tradisi sedekah bumi.

     Dalam acara sedekah bumi setiap daerah mempunyai keunikan tersendiri mulai dari makanannya, ritualnya hingga hiburan Dalam peringatan sedekah bumi. Masing- masing daerah berbeda. Salah Salah yang menjadi ciri khas dari sedekah bumi yang ada didaerah saya yaitu dari segi makanannya yang terdiri dari umbek, Bugis, Jadah Dan Tape yang semuanya memiliki filosofi tersendiri.

Dusun Ngrunut salah Satu Dusun dari 7 Dusun Di Desa/Kelurahan Banjarejo Kec Gabus Kab Grobogan

yang setiap tahunya Merayakan Tradisi Sedekah Bumi.